Jumat, 20 November 2020

ILMU pelayaran Menentukan posisi Kapal Dengan bintang Polaris

ILMU pelayaran 
Menentukan posisi Kapal Dengan bintang Polaris

 GMT: 20:00;  Tanggal: 02 Mei 2020

 GHA ♈ 161 ° 11.3 '
 Inc + 0
 -----------------
 C. GHA 161 ° 11.3 '
 Panjang + E / -W 014 ° 15.2 'E
 -----------------
 L.H.A ♈ 175 ° 26.5
      ==============================

 Sext.  Alt 32 ° 21 '
 I.E 0
 -----------------
 Obs.  Alt 32 ° 21 '
 Celupkan - 24m 8.6 '_
 -----------------
 Aplikasi Alt 32 ° 12.4 '
 Kor _ 1,5 '_
 -----------------
 Benar Pada 32 ° 10.9 '
 a0 (175 ° 26.5 ') + 1 ° 24.5'
 a1 (L = 32 ° N) +0.5 '
 a2 (Mei) +1.0 '
 -1
 -----------------
 Benar.  Lintang: 32 ° 36.9 '
 DR.  Lintang: 32 ° 40.8 '
 -----------------
 D. Lat: 0 ° 03.9 '👈🤏👌

 P.L = AZ + 90º

          ==============================

 Karena Polaris selalu berada dalam jarak sekitar 1 ° dari Kutub Utara, ketinggian Polaris, dengan sedikit koreksi kecil, sama dengan garis lintang pengamat.  Hubungan ini menjadikan Polaris sebagai bintang navigasi yang sangat penting di belahan bumi utara.

 Koreksi diperlukan karena Polaris mengorbit dalam lingkaran kecil di sekitar kutub.  Ketika Polaris berada di ketinggian yang sama dengan kutub, koreksi adalah nol.  Pada dua titik dalam orbitnya, ia berada dalam garis langsung dengan pengamat dan kutub, lebih dekat atau lebih jauh dari kutub.  Pada titik ini koreksi maksimal.  Contoh berikut mengilustrasikan pengubahan pemandangan Polaris menjadi lintang.
 Pukul 20.00.00 GMT, 02 Mei 2020, di DR Lat.  32 ° 40.8 'LU, λ = 014 ° 15.2' BT, ketinggian Polaris (ho) yang diamati adalah 32 ° 21.0 '.  Temukan garis lintang kapal.

 Untuk mengatasi masalah ini, gunakan persamaan:

 Garis lintang = ho - 1 ° + A0 + A1 + A2

 dimana ho adalah ketinggian sextant (hs) dikoreksi seperti pada pemandangan bintang lainnya;  1 ° adalah konstanta;  dan A0, A1, dan A2 adalah faktor koreksi dari tabel Polaris yang terdapat di Nautical Almanac.  Ketiga faktor koreksi ini selalu positif.  Seseorang membutuhkan informasi berikut untuk masuk ke tabel: LHA Aries, DR latitude, dan bulan dalam setahun.  Karena itu:
 Masuk ke tabel Polaris dengan LHA terhitung dari Aries (175 ° 26.5 ').  Lihat Gambar 2020. Koreksi pertama, A0, adalah fungsi semata-mata dari LHA Aries.  Masukkan kolom tabel yang menunjukkan kisaran LHA Aries yang tepat;  dalam hal ini, masukkan kolom 170 ° -179 °.  Angka-angka di sisi kiri tabel koreksi A0 mewakili seluruh derajat LHA ♈;  interpolasi untuk menentukan koreksi A0 yang tepat.
 Dalam hal ini, LHA ♈ adalah 175 ° 26,5 '.
 Koreksi A0 untuk LHA = 175 ° adalah 1 ° 24.3 'dan
 Koreksi A0 untuk LHA = 176 ° adalah 1 ° 24.9 '.
 Koreksi A0 untuk 175 ° 26.3 'adalah 1 ° 24.5'.
 Untuk menghitung koreksi A1, masukkan tabel koreksi A1 dengan garis lintang DR, berhati-hatilah untuk tetap berada di kolom LHA 170 ° - 179 °.  Tidak perlu melakukan interpolasi di sini;  cukup pilih garis lintang yang paling dekat dengan garis lintang DR kapal.  Dalam hal ini, L adalah 30 ° LU.  Koreksi A1 sesuai dengan rentang LHA 170 ° -179 ° dan garis lintang 30 ° LU adalah + 0,5 '.

 Terakhir, untuk menghitung faktor koreksi A2, tetap di kolom 170 ° -179 ° LHA dan masukkan tabel koreksi A2.  Ikuti kolom ke bawah ke bulan dalam setahun;  dalam hal ini, bulan April.  Koreksi untuk Mei adalah + 1,0 '.

 Jumlahkan koreksi, ingat bahwa ketiganya selalu positif.  Kurangi 1 ° dari jumlah tersebut untuk menentukan koreksi total;  kemudian terapkan nilai yang dihasilkan ke ketinggian Polaris yang diamati.  Ini adalah garis lintang kapal.

 Tabulasi GHA ♈ (20:00 jam.) 161 ° 11.3 '
 Kenaikan (20:00) 0 ° 0,0 '

 GHA ♈ 161 ° 11.3 '
 DR Bujur (-W + E) 14 ° 15.2 'BT
 LHA ♈ 175 ° 26.5 '

 A0 (175 ° 26.5 ') + 1 ° 24.5'
 A1 (L = 32 ° N) +0,5 '
 A2 (Mei) +1.0 '

 Jumlahkan 1 ° 26.0 '
 Konstanta −1 ° 00.0 '

 

Related Posts:

  • Dock water allowance (DWA)Dock water allowance (DWA)  Tunjangan air dermaga (DWA).  Ketika sebuah kapal bergerak dari air asin ke air dengan kepadatan yang lebih rendah, itu akan meningkatkan daya tarikannya dan sebaliknya. J… Read More
  • Skema pelatihan Dynamic Positioning / SERTIFIKAT DINAMIK POSITION  Bagaimana cara mendapatkan sertifikat DP unlimited? (Skema NI BARU)Artikel ini ditujukan untuk semua calon OPD yang ingin menjelaskan tahapan utama skema pelatihan baru. Skema pelatihan yang diperbarui berlaku efektif p… Read More
  • SOAL UKP PROSEDUR DARURAT/SAR 1.a.Kapal anda bukan kapal tunda, diminta untuk menolong menunda kalal lain. Pertimbangan apa yg perlu diperhitungkan sebelum anda memutuskan menerima atau menolak permintaan kapal lain tsb ! b.Kapal anda bukan kapal khusus… Read More
  • Global Maritim Distress System Radio operationGLOBAL MARITIM DISTRESS SYSTEM AREA  Berdasarkan persyaratan internasional, #GMDSS mendefinisikan empat wilayah laut: 👌👇 A1, A2, A3 dan A4.  Divisi tersebut memungkinkan pelacakan area di mana laya… Read More
  • TON PER CENTIMETER (TPC)TPC (Ton Per Sentimeter)   TPC untuk setiap draft adalah berat yang harus dimuat atau dibuang untuk mengubah draft rata-rata kapal sebesar satu sentimeter. Formula TPC Kapal dengan panjang 128 meter … Read More

0 comments:

Posting Komentar