Jumat, 06 November 2020

KLM MEGA NIRWANA TENGGELAM DI PERAIRAN BELITUNG

KLM MEGA NIRWANA TENGGELAM DI PERAIRAN BELITUNG


"Kami memberikan informasi dan disiarkan oleh Stasiun Radio Pantai (SROP) terkait kejadian tenggelamnya KLM Mega Nirwana," kata Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Harsyah Fadli di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, pemberitahuan yang disampaikan yaitu kepada kapa-kapal yang melintas pada koordinat 02°43'550" S - 107°34'243" E agar berhati-hati dalam bernavigasi dikarenakan ada Kapal Layar Motor (KLM) yang tenggelam di posisi tersebut.

"Kondisi saat ini kapal sudah tenggelam tinggal menyisakan tiang memang kondisinya berada di sebelah kiri jalur pelayaran sehingga tidak akan mengganggu lalu lintas kelur masuk kapal menuju pelabuhan Tanjung Pandan," ujarnya.

Ia menjelaskan, Kapal Layar Motor (KLM) Mega Nirwana bermuatan sebanyak 416 ton kaolin yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Pandan menuju pelabuhan Sunda Kelapa tenggelam di perairan Belitung atau berjarak 3,8 mil dari pelabuhan Tanjung Pandan karena diduga mengalami kebocoran pada lambung sebelah kiri kapal.

"Mesin induk mati dikarenakan adanya air yang diperkirakan dari haluan sebelah kiri dan masuk ke kamar mesin. Jadi bukan faktor cuaca buruk atau gelombang tinggi namun karena ada kebocoran pada lambung sebelah kiri kapal," katanya.

Dikatakan dia, pihak agen kapal juga direncanakan akan melakukan evakuasi terhadap kondisi kapal yang telah tenggelam tersebut.

"Pihak agen ada merencanakan evakuasi kami juga mengarahkan pemiliknya untuk memindahkan kapal tersebut," ujarnya

0 comments:

Posting Komentar