Kamis, 19 November 2020

Perhitungan Draf Survey

Draf Perhitungan Survei untuk MUALIM 1
 Nama Kapal: MV.  ☆☆☆☆☆, - Port of Registry (POR): ☆☆☆, - Lenght Over All (LOA): 182.00 M, - Panjang Antara Perpendiculars (LBP): 179.00 M, - Breath (B): 32.20 M, -  Kedalaman (D): 17,15 M, - Tonase Kotor (GT): 28,342 MT, - Tonase Bersih (NT): 17,664 MT, - Draft Musim Panas (SD): 12,163 M, - Bobot Mati Musim Panas (DWT): 52,998 MT, - Ringan  Kapal (LS): 7,780 MT, Konstan (CS): 320 MT, -
 Kedepan Jarak Tegak Lurus (Fd): 1.70 M, - Setelah Jarak Tegak Lurus (Ad): 9.45 M. Lihat Gambar:

 Selama pemeriksaan, dia membuat draf tanda dan data lain yang ditemukan sebagai berikut:

 - Kedepan Draft Port (FP): 10,79 M / Depan Draft Kanan (FS): 10,81 M.
 - Mid Draft Port (MP): 10.90 M / Mid Draft Starboard (MS): 11.03 M.
 - Port Draft Belakang (AP): 11.16 M / Aft Draft Starboard (AF): 11.19 M.
 - Densitas Sampel Air Laut (Den): 1.021.
 - Ballast Water (BW): 265.00 Meter Kubik pada Densitas 1.025, - Air Tawar (FW): 183.00 MT.
 - Bahan Bakar Minyak (FO): 612.00 MT, - Oli Diesel (DO): 161.00 MT, - Oli Lub (LO): 29.00 MT.
 ————————————————————————————————————–
 Perhitungan Draf Survei dijelaskan sebagai berikut: Draf Perhitungan

 - Kedepan Rata-rata (Fm) = (FP + FS) / 2 = (10.79 + 10.81) / 2 = 21.60 / 2 = 10.800 M.

 - Pertengahan Rata-rata (Mm) = (MP + MS) / 2 = (10.90 + 11.03) / 2 = 21.93 / 2 = 10.965 M.

 - Rata-Rata Belakang (Am) = (AP + AS) / 2 = (11,16 + 10,19) / 2 = 22,35 / 2 = 11,175 M.

 - Trim Tampak (AT) = Am - Fm = 11.175 - 10.800 = 0.375 M.
 - Panjang Antara Mark (LBM) = LBP - (Fd + Ad) = 179.00 - (1.70 + 9.45)
 = 167,85 M

 Draf Koreksi ke Jarak Tegak Lurus.
 - Koreksi Kedepan (Fc) = (Fd x AT) / LBM = (1,70 x 0,375) / 167,85 = 0,003798
 = 0,004 M (dibulatkan menjadi 3 Desimal).

 - Koreksi Tengah (Mc) = (Md x AT) / LBM = (0,00 x 0,375) / 167,85
 = 0.000 M (Tidak Tersedia)

 - Koreksi Belakang (Ac) = (Ad x AT) / LBM = (9,45 x 0,375) / 167,85 = 0,021112
 = 0,021 M (dibulatkan menjadi 3 Desimal).

 Draf Sejati dan Trim Sejati
 - Kedepan Draf Dikoreksi (Fcd) = Fm + Fc = 10.800 + (-0.004) = 10.796 M.

 - Mid Draft Corrected (Mcd) = Mm + Mc = 10.965 + 0.000 = 10.965 M.

 - Aft Draft Corrected (Acd) = Am + Ac = 11.175 + 0.021 = 11.196 M.

 - True Trim (TT) = Acm - Fcm = 11.196 - 10.796 = 0.400 M.

 Perhitungan Draf Akhir
 - Rata-Rata Depan dan Belakang (FAm) = (Fcd + Acd) / 2 = (10,796 + 11,196) / 2 = 21,992 / 2 = 10,996 M.
 - Rerata Draft Rerata (MM) = (Mcd + FAm / 2) = (10.965 + 10.996) / 2 = 21.961 / 2 = 10.9805 M.
 - Quarter Mean (MMM) = (MM + Mcd) / 2 = (10,9805 + 10,965) / 2 = 21,9455 / 2 = 10,97275 M.
 = 10,973 M.
 - Atau MMM = {(Fcd x 1) + (Acd x 1) + (Mcd x 6)} / 8 = {(10,796 x 1) + (11,196 x 1) + (10,996 x 6)} / 8
 = (10.796 + 11.196 + 65.790) / 8 = 87.782 / 8 = 10.97275 M = 10.973 M.
 ————————————————————————
 Tabel Hidrostatis
 Lihat Tabel, kita bisa mendapatkan:

 Perpindahan (Disp)
 - Disp pada 10.970 M: 54.266.860 MT (DISP. FULL).
 - Disp pada 10.980 M: 54.321.070 MT (DISP. FULL).
 - Disp di 10.973 M: 54.266.860 + [{(10.973 - 10.970) / (10.980 - 10.970)} x (54.321.070 - 54.266.860)]
 = 54.266,860 {(0,003 /0,010) x 54,210} = 54,266,86 + (0,3 x 54,210)
 = 54.266.860 + 16.263 = 54.283.123 MT

 Ton Per Sentimeter (TPC)
 - TPC di 10.970 M: 54.210 MT (Di Bawah TPC di Tabel).
 - TPC di 10.980 M: 54.220 MT (Di Bawah TPC di Tabel).
 - TPC pada 10.973 M: 54.210 + [{(10.973 - 10.970) / (10.980 - 10.970)} x (54.220 - 54.210)]
 = 54,210 {(0,003 /0,010) x 0,010} = 54,210 + (0,3 x 0,010)
 = 54,210 + 0,003 = 54,213 MT.

 Flotasi Pusat Longitudinal (LCF)
 - LCF pada 10.970 M: 1.180 MT (Di Bawah LCF pada Tabel).
 - LCF pada 10.980 M: 1.190 MT (Di Bawah LCF pada Tabel).
 - LCF pada 10,973 M: 1.180 + [{(10.973 - 10.970) / (10.980 - 10.970)} x (1.190 - 1.180)]
 = 1,180 {(0,003 /0,010) x 0,010} = 1,180 + (0,3 x 0,010) = 1,180 + 0,003 = 1,183 M.

 Momen Untuk Mengubah Pangkas (MTC)
 - MTC = MTC 1 - MTC 2.
 - MTC 1 = MMM + 0,5 = 10,973 + 0,5 = 11,473 M.
 - MTC 1 di 11.470 M: 709.910 (Di Bawah Tabel).
 - MTC 1 di 11.480 M: 710.060 (Di Bawah Tabel).
 - MTC 1 di 11.473 M: 709.910 + [{(11.473 - 11.470) / (11.480 - 11.470)} x (710.060 - 709.910)]
 = 709,910 {(0,003 / 0,010) x 0,150} = 709,910 + (0,3 x 0,450) = 709,610 + 0,045 = 709,955.

 - MTC 2 = MMM - 0,5 = 10,973 - 0,5 = 10,473 M.
 - MTC 2 di 10.470 M: 686.460 (Di Bawah MTC di Tabel).
 - MTC 2 di 10.480 M: 686.770 (Di Bawah MTC di Tabel).
 - MTC 2 pada 10.473 M: 686.460 + [{(10.473 - 10.470) / (10.480 - 10.470)} x (686.770 - 686.460)]
 = 686,460 {(0,003 /0,010) x 0,310} = 686,460 + (0,3 x 0,310) = 686,460 + 0,093 = 686,553.

 Jadi, MTC = MTC 1 - MTC 2 = 709.955 - 686.553 = 23.402.
 —————————————————————————
 **** Dari hasil di atas, kami mengumpulkan data sebagai berikut:
 - Disp = 54.283.123 MT, - True Trim (TT) = 0.400 M, - LBP = 179.00 M,
 - TPC = 54.213, - LCF = 1.183, - MCT = 23.402.

 Koreksi Trim Pertama (FTc)
 - FTc = (TT x TPC x LCF x 100) / LBP = (0,400 x 54,213 x 1,183 x 100) / 179,000
 = 256,35916 / 179,00 = 14,331615 = 14,332 MT.

 Koreksi Trim Kedua (STc)
 - STc = (TT x TT x MTC x 50) / LBP = (0.400 x 0.400 x 23.402 x 50) / 179.000
 = 185.536 / 179.00 = 1. 045899 = 1.046 MT.

 Perpindahan Dikoreksi ke Trim (DispT)
 - DispT = Disp + (FTc + STc) = 54.283.123 + (14.332 + 1.046) = 54.283.123 + 15.378
 = 54.298.501 MT.

 Koreksi Densitas (Denc) ​​<
 - Actual Density (ADen) = Sample Sea Water Density = 1.021
 - Denc = DispT x {(ADen - 1.025) / 1.025} = 54.298.501 x {(1.021 - 1.025) / 1.025}
 = 54.298,501 x (-0,004 / 1,025)
 = 54.298.501 x (-0.0039024) = -211.89947 = -211.899 MT.

 Perpindahan Dikoreksi ke Densitas (DispDenc)
 - DispDenc = DispT + Denc = 54.298.501 + (-211.899) = 54.086.602 MT.

 Bobot yang Dapat Dikurangi (Dikurangi)
 - BW = 265.00 x 1.025 = 271.625 MT, - FW = 183.000 MT, - FO = 612.000 MT,
 - DO = 161.000 MT, - LO = 29.000 MT.
 - Total Potongan = 1.256.625 MT.

 Displacement Minus to Deductible Weight = Net Displacement (NDisp)
 - NDisp = DispDenc - Pengurangan = 54.086.602 - 1.256.625 = 52.829.977 MT.

 Estimasi Kargo di atas kapal (EstCOB)
 - Untuk perkiraan kuantitas kargo onboard, kita perlu mengetahui tentang Light Ship dan Constant.  Data Kapal Ringan dan Konstan disediakan di Manual Pemuatan Kapal.  Untuk kapal baru, kita bisa mengacu pada Constant di Manual, tapi untuk kapal lama Constantnya bisa berbeda-beda, silakan merujuk ke Chief Officer Constant Declaration atau Draft Survey Previous Port, atau bisa kita hitung di survey akhir setelah  Kapal yang menyelesaikan pembongkaran muatannya (Kapal kosong).
 - Kapal Ringan (LS) = 7.780.000 MT, - Constant (CS) = 320.000 MT.
 - EstCOB = NDisp - (LS + CS) = 52.829.977 - (7.780.000 + 320.00)
 = 52.829.977 - 8.100.000 = 44.729.977 MT.

TERIMAKASIH

0 comments:

Posting Komentar