Senin, 23 November 2020

PERMESIANAN KAPAL

 PERMESIANAN KAPAL

APA yang di maksud dengan permesinan Bantu Jelaskan !
 
keseluruhan permesinan yang ada di atas kapal selain mesin induk dan ketel induk dan termasuk seluruh pipa2 dan penataanya ,demikian jg peralatan2 yg  menyelenggarakan sistem2 kebutuhan utama, seperti :-system pelumas,pendinginan,bahan bakar, udara penjalan,kebutuhan domestic,olah gerak,system tenaga listrik ,peralatan di atas dek , keselamatan., siklus pengisian uap air pada ketel, system pencegahan pencemaran

Sebutkan jenis2 permesinan Bantu  yg ada di atas kapal ?
     pompa-pompa meliputi : 
a.    pompa displacement :                                                                                      
b.    pompa reciprocating                                                                         
c.    pompa  rotary                   
-  pompa centrifugal ( kinetic )
                        2. Kompresor
                        3. Ejector
                        4. Separator : - purifier
                         - clarifier
                        5. Heat exchanger yang meliputi
    -  heater,evaporator,cooler ,condenser,
       unit distiller
                        6. Unit bilge’s separator. 

Apakah perbedaan pompa displacement dan pompa centrifugal ?
Perbedaannya adalah
pada prinsip kerja masing2 pompa yaitu pada pompa displacement tekanan isap  berada pada torak dan katup2nya , sedangkan pada centrifugal bekerjanya tekanan berasal dari putaran impeller yg berisi impul2 tekanan cairan yg menghasilkan perbedaan tekanan.

Apakah fungsi utama purifier dan clarifier ? jelaskan !
Fungsi utama purifier adalah memisahkan bahan bakar atau minyak dari cairan lain dan kotoran padat.

Apakah yg di maksud dengan Tangki ( tanks), saringan (filter/strainers), keran (valve)
 - Tangki : sarana penampungan dan juga pengukur Volume fluida  dan gas.
             - Saringan:  penyaring fluida dan gas dari kotoran2 yg menyertainya di system alirannya.
 - Keran (valve):penahan dan pembuka aliran fluida dan gas pada tangki2 penampngannya.

Apakah yg di maksud pompa , compressor ?
- peralatan yg berfungsi sebagai pemindah pluida dari tangki satu ke tangki lain.
            - kompresor adalah peralatan pengisi udara pada tabung 2 penyimpan  .

Heat Exchanger  :
-  pemanas  (heaters) : peralatan yg mampu menghasilkan panas melalui proses
   memanaskan air  laut melalui ketel2 dan sebagai  tenag utamu u/ mesin  uap                                                                                                                                                                                       - penguap ( evaporator) : peralatan yg mampu merubah panas mejadi uap,dalam hal ini
    merubah  bentuk air laut menjadi uap,dan di pakai untuk system pembuatan air tawar .
-  pendingin ( cooler ) : peralatan yg mengambil panas air untuk di dinginkan melalui media
   Perantara pipa 2 dan air dingin.Dan sering di gnakan untk pendingin system pelumasan .
-  pengembun ( condenser ):  peralatan yg dapat mengubah uap panas untuk di
   embunkan (condensasikan) melalui media refrigant sehingga menjadi dingin dan di  
   pergunakan ntuk peralatan  pendingin ruangan dan penyimpanan perbekala

Fwg/fres water distiler: pembangkit tenaga listrik yg di hasilkan dari proses penguapan air sebagai

            Tenaga penggeraknya atau jg disebut mesin uap.

Freshwater distiller: unit peralatan pembuatan air tawar dari proses penguapan air asin.

            Proses perubahan:



Tekanan tinggi :Air yg dipanaskan/diuapkan  di evaporator dgn tekanan dan suhu tunggi.media pemanasnya:

-Uap (steam) turbin

-Tekanan > 1 atm

-Suhu > 100°C.

Tekana Rendah :Air laut yg diuapkan di evaporator dgn tekanan dan suhu rendah,media pemanas pd evaporator Jacket coling M/E  dgn suhu 80°C




Oily Water Separator :

unit peralatan pemisah antara minyak dan air , dgn cara kerja melalui perbedaan tekanan dan Berat jenis minyak dan air.

 Mesin diesel :mesin pembangkit tenaga dengan menggunakan pompa tekanan tinggi dan bahan bakar minyak .

Ketel Uap: bejana untuk mendidihkan air laut dan di ubah menjadi uap sebagai tenaga yg menggerakkan  mesin penggerak propeller.

Turbin uap : mesin penggerak utama  yg di gerakkan tenaga uap dan di alirkan ke ruang turbin Menggerakkan  propeller.

Sewage plant: rangkaian penataan peralatan pipa2 air got ( effluent ) yg di olah agar limbah air Got  dapat di buang dgn perencanaan tertentu.

 Incenerator :sesuai fungsinya sebagai salah satu sarana pencegah polusi di laut dgn pengolahan  Limbah  hasil proses pemisahan air got melalui OWS atau Sewage Plant  dgn cara membakar limbah tsb dalam tungku pembakaran .



peralatan Bantu dari  system pendingin :

- Filterdrier: filter pengering yg berfungsi menyerap air dan menyaring minyak yg sirkulasi

   dalam aliran system pendingin.

            - Sightglass: gelas duga untuk melihat aliran refrigerant di dalam tabung condenser.

- Oil separator: system pengontrol minyak pelumas agar tidak tercampur dalam aliran

  refrigerant.

            - Solenoid valve:  system pengontrol yg menerima impuls perintah dari thermostat .

- Thermostat: pengontrol pengatur saat pengaliran refrigerant.

- Pressure switch: pemutus dan pembuka arus listik sesuai pengaturan yg di inginkan.

- Cut-off switch:  pemutus aliran listrik pada kompresor



Heat exchangers

a.Jelaskan perbedaan dan kesamaan antara  heater dan evaporator

   Perbedaan :

 Heater menaikkan suhu media yang diproses tanpa merubah bentuk media tersebut, sedangkan evaporator merubah bentuk cairan media yang diproses  menjadi bentuk gas atau uap  tanpa merubah suhu media tersebut.

   Kesamaan :

Kedua-duanya adalah heat exchanger, sama-sama memberikan panas terhadap media yang diproses.



  b.Sebutkan fungsi dari baffle pada cooler / condensor jenis ”shell and tubes”

       -menguatkan susunan pipa-pipa

       -mengarahkan aliran media yang didinginkan agar penyerahan panas merata / sempurna

       -menambah luasmenambah luas permukaan sehingga penyerahan panas lebih banyak



Jelaskan fungsi heater dipasang pada instalasi

Fungsi heater pada instalasi purifier adalah sebagai pengatur suhu yang berpengaruh   pada berat jenis bahan bakar /  minyak lumas yang di bersihkan agar didapatkan interface / garis pemisahan yang tepat antara air dan bahan bakar / minyak lumas yang di bersihkan.

3.Dari sebuah pompa diferensial diketahui mempunyai diameter plunyer 120 mm, langkah plunyer 280 mm dan diameter batang plunyer 90 mm. Bila pompa dijalankan dengan elektromotor berputaran 90 rpm, hitunglah :

a.Penghasilan pompa saat langkah ke arah batang plunyer dan penghasilan totalnya dalam m3/jam

-Apabila dikehendaki perbandingan penghasilan effektif antara langkah kedepan dengan langkah kebelakang 2 :

berapakah seharusnya ukuran diameter batang plunyernya.

Diketahui :

-Pompa diferensial

-D = 120 mm

-L = 280 mm

-d =   90 mm

-n =   90 rpm

Ditanya :

a.Qeff  kebelakang dan Qeff total

b.Berapa d bila Qeff kedepan : Qeff kebelakang = 2 : 3













a.   -  Q eff ke belakang  = π / 4 (D2 – d2 ) . L . n  ηv

      -  Qeff total = π / 4 D2 . L. n. ηv



b.     Qeff kedepan : Qeff kebelakang = 2 : 3

π / 4 D2 . L. n. ηv  - π /

 (D2 – d2 ) . L . n  ηv   : π / 4

 (D2 – d2 ) . L . n  ηv = 2 : 3

d2 : D2 – d2  = 2 : 3

2 (D2 – d2 ) = 3 d2

2D2 = 3d2 – 2d2

2D2 = d2

d2 = 2D2

d2 = 2. (2,8

a. -  Q eff ke belakang  = π / 4 (D2 – d2 ) . L . n  ηv

    -  Qeff total = π / 4 D2 . L. n. ηv

b.     Qeff kedepan : Qeff kebelakang = 2 : 3



π / 4 D2 . L. n. ηv  - π

 4 (D2 – d2 ) . L . n  ηv   : π /

 4 (D2 – d2 ) . L . n  ηv = 2 : 3

d2 : D2 – d2  = 2 : 3

2 (D2 – d2 ) = 3 d2

2D2 = 3d2 – 2d2

2D2 = d2

d2 = 2D2

d2 = 2. (2,8

 
a.Perbedaan pompa displacement dengan pompa kinetik adalah bahwa pompa displacement merupakan pompa yang dapat menghisap sendiri sedangkan pompa kinetik merupakan pompa-pompa yang tak dapat mengisap sendiri.

b.Gambar skematik dari pompa plunyer diferensial :














D = Diameter plunyer
L = Langkah plunyer
d = Diameter batang plunyer
kelebihan cooler jenis pelat dibandingkan dengan jenis shell and tubes
  -Tidak memakan tempat
  -Mudah perawatannya
  -Pada ukuran yang sama, kapasitas pendidingin lebih besar
  -Dapat diatur kapasitas pendinginannya.
a.Skematis pembersihan secara chemikal












Pembersihan menggunakan system sirkulasi bahan kimia pembersih, dilakukan di dua bagian, yaitu sirkulasi pembersihan di bagian luar pipa yaitu bagian ruang minyak lumas dan bagian dalam pipa-pipa yaitu bagian air laut.
Setiap pembersihan dilakukan dengan menggunakan pompa sirkulasi dan bak bahan kimia. Dengan menyirkulasikan bahan kimia seperti pada gambar, maka kotoran-kotoran akan larut dan di jatuhkan ke bak

sistim permesinan yg menunjang kerjanya mesin  penggerak utama :
a. Mesin penggerak utama mesin uap.
    -System peredaran air p’gisisn & uap.
    -System bahan bakar ketel induk.
b. Mesin penggerak utama mesin diesel
    -System pelumasan,pendinginan,
      bahan bakar,udara pejalan.

Cara membersihkan BB & minyak lumas di K.Mesin :
  -Prinsip penyaringan  : dgn menggunakan filter yg macam dan jenisnya tergantung dr voluma
   partikel yg akan disdaring.
  -Prinsip Pengendapan : memanfaatkan adanya gaya gravitasi dan beda berat jenis. Mis : tangki
   endap.
  -Prinsip sentrifuse : memanfaatkan gaya sentrifuse dan beda berat jenis adlh purifier & clarifier
Sifat pemindah panas  scr optimal pd kheat exhanger :
- Dibuat dr bahan penghantar panas yg harus dimiliki koefisien hantar tinggi maka pipa2 berfungsi sbgi penghantar panas dr media yg diproses ke media yg memproses.
- Makin tipis ketebalan dinding penghantar akan makin baik panasnya,harus dijaga kotoran / kerak yg menempel didinding pipa.
-diupayakan pemindahan panas scr turbolensi,se3hingga terjadi pemerataan pemindahan panas.

5. Kelebihan heat exhanger dgn jenis lain :
a.P’dahan panas lebih merata karena:
- heat exhanger jenis ini dibuat tipis ,mempermudah pemindahan panas.
-  Dibuat bergelombang dpt menciptakan aliran turbolensi utk pemerataan penyerahan pana.
b.Praktis tdk memakan tempat.
c. Kapasitas dpt diatur dgn menambah/mengurangi jml pelat.
d. mudah merawat pd saat pembersihan.
e. Kuat,krn dibuat dr bahan titanium

Fungsi dari :
a. Baffle :
- Mengarahkan media yg diproses sehingga mengalami npemerataan pemindahan panas.
- Memperkuat susunan pipa-pipa.
- menambah luas permukaan lbh merata.

b.Tube plate :
- tmp terpasangnya pipa-pipa.
- Utk heat exhanger ukuran sedang & besar tube palte bagian belakang berdiameter luar lebih kecil dr diameter dlm shell,dgn packing khusus shgg  terjadinya pemuaian tetap kedap air dr kebocoran.   

Yg disebut penyulingan /distilation
Proses penguapan cairan menjadi uap dilanjutkan dgn penmgembunan yg menghasilkan kondensat komponen utamanya evaporator & kondensor,peralatan yg digunakan  prinsip Fresh water distiler / FWG ( pembuatan ait dr air laut ).

Keuntungan FWD/FWG tek rendah dibanding tek tinggi :
- Kapasitas penghasilan lebih besar.
- Tdk berbahaya.
-Mudah perawatan krn suhu rendah, kotoran lunak mudah dibersihkan.
-Tdk membutuhkan ketel uap,media penguap bersuhu rendah dpt mengunakan air tawar
 pendinginMI.
- menambah rendemen instalasi.

Prinsip kerja ejector :
- Pd penembahan  kecepatan aliran akan terjadi penurunan tekanan.
- Daerah dimana terjadi penurunan tekanan akan menghisap udara/cairan yg dihubungkan dgnnya.
- utk ejector dgn bentuk penyempitan yg dilanjutkan dgn pengembangan pipa/saluran,maka pd permulaan pipa pancar dimana terjadi penembahan percepatan aliran air laut yg dipompakan kepadanya.
- fungsi ejector pd unit distiler menurunkan tekanan system sehingga terjadi kevakuman yg mempengaruhi suhu penguapan .

Cara kerja pompa digolongkan :
a.Pompa desak/displacement pompa yg dpt menghisap sendiri .jenis pompa ini dibedakan :
-kerja bolak-balik dpt berupa pompa plunyer/torak.
- Rotari dpt berupa pompa roda gigi,ulir.
- Gabungan bolak-balik dan rotary dpt berupa pompa hydrolic.
b. pompa centrifugal :pompa byg dpt menghisap dan dapat berupa p[ompa centrifugal tegak maupun tidur.

11.Mejalankan/menghentikan kompresor secara manual :
-chek power.(siap menerima beban).
- keran masuk / keluar telah terbuka menghindari kompresor meledak.
- system pendingin aftercooler dan intercooler telah jalan.
- Minyak lumas silinder jalan bagus,minyak carter  cukup.
- Buka semua cerat udara tek rendah dan tinggi agr pembuangan sisa-sisa kondensat udara/uap air
  membantu membuat kondisi beban nol pd saat star.
- atur pembukaan kran isap sehingga tdk terjadi penghisapan yg mendadak besar.
-Star kompr dan perlahan keran isap buka penuh.
- jika tdk ada cairan yg keluar dr cerat,tutup cerat berarti telah ,menjalankan scr benar.
- sesekali buka cerat agar udara tetap bebas dr kotoran cair.

Cara menghetikan kompresor :
-  Buka katup cerat.
-  Matikan tenaga.
- Tutup keran isap dan buang.
- Tutup keran udara masuk botol angin.

13.Maksud katup cerat dibuka saat star kompr
a. Buang sisa kondensat selama kompr berhenti disebabkan terjadinya pendinginan thdp sisa udara panas yg terkurung dlm saluran/pipa after  dan intercooler.
Kondensat ini perlu dibuang :
-akan menimbulkan korosi pd dinding botol angin.
-problem pelumasan yg m’yebabkan terjadinya emulsi minyak.
-Menyebabkan ketokan air pd klep kompresor.
b. Mengoksidasikan beban nol pd awal star ,tdk menimbulkan beban torsi yg tinggi scr mendadak pd electromotornya.

Jenis2 pesawat bantu di k.mesin:
-Motorbantu,kompresor,pompa,
purifier/sparator,boiler/keteluapbantu,ows
,heater,coller,botolangin,evaporator,mesin
 pendingin,sewage plant,filter,ejector.

Yg disebut dgn :
Compresor adlh :
-Suatu pesawat yg digunakan utk mendapatkan udara kerja yg ditampung dlm botol angin dgn cara di kompresikanyg mempunyai tekanan lebih dari 1 atm yg kemudian udara tsb digunakan sebagai udara star pertama kali utk mesin induk dan mesin bantu.
Pompa adlh :
-Pesawat yg digunakan memindahkan zat cair,udara/gas dari suatu tmp ke tmp lain dgn perbedaan tekanan.
Purifier adlh :
-Pesawat yg digunakan utk membersihkan bahan bakar dr kotoran yg berupa air maupun kotoran padat dgn memberikan gaya centrifugal.
Boiler adlh :
-Pesawat  yg digunakan utk membentuk uap dgn cara membakar bahan bakar yg ada dlm ketel yg mana uap tsb digunakan utk mengerakan pesawat bantu.
OWS adlh :
-Pesawat yg digunakan utk membersihkan air buangan kelaut dr kotoran minyak agar tdk terjadi pencemaran.
Heater adlh :
-Pesawat yg digunakan utk menaikan suhu/temperatur tanpa merubah dr zat yg dipanaskan.
Coller adlh :
-Pesawat yg dapat merubah zat yg didinginkan.
Air reservoir (Botol angin ) adlh :
-Suatu alat yg digunakan menampung udara hasil kompresi dr alat kompresor yg di gunakan utk udara star.
Ejector adlh :
-Pesawat yg digunakan utk memindahkan cairan dengan cara vakum/beda tekanan.
Telemotor adlh :
-Suatu pesawat pemindah jarak jauh yg sama transmeter ( pengirim ) di anjungan receiver (penerima)yg terletak di kamar kemudi.

Ada 2 tekanan pd mesin pendingin :
-Tekanan tinggi=compresor expansion.
-Tekanan rendah= expansion. Compresor.
Defrosting adlh :
-Menghilangkan bunga-bungan es pada pipa eveporator di ruang pendingin.
Kondensor adlh :
-Pesawat utk mengubah bantuk gas atau uap menjadi cair.
Purifier adlh :
-Utk memisahkan kotoran-kotoran dari LO maupun FO/memisahkan air dari minyak.
Clarifier adlh :
-Pesawat yg berfungsi utk memisahkan minyak dari kotoran yg lembut yg tdk dapat dipisahkan oleh purifier.
Air Compresor :
-Alat yg digunakan utk menghasilkan udara bertekanan yg selanjutnya disimpan dibotol angin digunakan sbgi udara pejalan /udara kerja di kmr mesin.
Flash Evaporator :
-jenis eveprator yg tanpa pipa penguap melaikan ruang kosong yg divakumkan,air laut yg akan diuapkan sebelum msk ke eveporator sdh dipanaskan 80ºC sehingga air laut yg msk langsung tersembur seketika menjadi uap.

Presedur menjalankan  Purifier :
-Cek semua kran baik pengisian maupun keluardr purifier,pastikan dlm keadaan tertutup.
-Pastikan pipa tdk ada yg bocor.
-Star motor purifier.
-Setelah motor jalan buka kran pengisisan air tawar secukupnya kemudian tutup kembali.
-Setelah putaran purifier normal buka kran pengisian LO/FO beserta kran keluar menuju ke service tank.

Prinsip kerja kompresor :
-Pd langkah kompresi saat tekanan katup tekan terbuka dan udara keluar dgn tekanan kontan.
-Pd akhir langkah kompresi tekanan dibuang rugi dr kompresor sampai dgn tekanan menutup dan mengurangi sisa udara yg telah terpakai di dlm ruang rugi(antara piston dgn cylindeh head ).
-Pd langkah isap udara rugi akan mengembang sebagai tekanan jatuh sampai sedikit dibwh tekanan isap dan menyebabkan terbukanya katup isap pemasukan udara trjd pd tekanan langkah kemudian di teruskan ke proses selanjutnya.

Refregrator adlh :
-Utk menyimpan bahan makanan  agar tdk rusak.
-Mendinginkan bahan makanan.
Fungsi Compresor pd mesin pendingin :
–Utk menghisap gas pendingin dr eveporator yg kemudian akan dikompresikan di dlm cylinder utk menaikan tekanan dan suhunya kedlm condensor.
3. Fungsi condensor pd refrigerator :
-utk merubah gas pendingin menjadi cair dengan cara pendinginan dengan menggunakan air laut.
4.Fungsi katup expansion :
-Mengatur tekanan dan aliran refrigen cair bertekanan tinggi menjadi tekanan rendah.

Presedur menjalankan  Purifier :
-Cek semua kran baik pengisian maupun keluardr purifier,pastikan dlm keadaan tertutup.
-Pastikan pipa tdk ada yg bocor.
-Star motor purifier.
-Setelah motor jalan buka kran pengisisan air tawar secukupnya kemudian tutup kembali.
-Setelah putaran purifier normal buka kran pengisian LO/FO beserta kran keluar menuju ke service tank



 
 
Pokok instalasi Mesin pendingin yaitu 4 komponen :
 
a.Kompresor :Untuk menghisap gas pendingin dr eveporator yg akan dikompresikan didlm cylinder compresorutk dinaikan tekanan dan suhunyaagar didlm condensor mudah dirubah menjadi pendingin cair.
b.Condensor ;Utk merubah gas pendingin menjadi cair dengan menggunakan air laut.
c.Katup expansi : utk mengatur jumlah dan mengexpansikan zat pendingin masuk kedlm evaporator sesuai yg dibutuhkan.
d.Evaporator :Utk menguapkan kembali air pendingin cair manjadi gas pendingin cair manjadi gas pendingin dengan cara mengambil panas yg terdapat disekitar evaporator /panas yg terdapat dlm ruangan sehingga ruangan menjadi dingin.

Fungsi alat dibwh ini :
a. Drain valve : Valve yg digunakan utk mencerat cairan dr udara.
b. Safety valve : Valve yg digunakan utk keamanan dr suatu pesawat apabila terjadi tekanan yg melebihi dr tekanan kerja.
c.Relief valve : Valve yg digunakan untuk mengatur tekanan cairan,udara dan uap.
d.Three Ways Valve : Valve yg digunakan utk mengatur jalannya zat cair /gas ke satu arah kiri/arah kanan maupun ke dua arah secara bersamaan  dgn system manual.
e.Non Return Valve : Valve yg digunakan mengatur cairan,udara dan uap keluar tapi tidak dapat utk memasukan.
Mesin yg terdpt di deck :
- Mesin jangkar,mesinpenggulung,mesin Derek,Blowwer,Generatordarurat,Pompa darurat,Mesin kemudi.

Penggerak Mesin2 deck :
-Tenaga penggerak listrik/electrik.
-Tenaga penggerak uap.
-Tenaga penggerak electrik hydrolik.
-tenaga penggerak motor dirsel.

Mesin kemudi adlh :
-Suatu pesawat yg digunakan utk memindahkan gerakan roda kemudi dgn jarak jauh.

0 comments:

Posting Komentar