PERMESIANAN KAPAL
APA yang di maksud dengan permesinan Bantu Jelaskan !
keseluruhan
permesinan yang ada di atas kapal selain mesin induk dan ketel induk dan
termasuk seluruh pipa2 dan penataanya ,demikian jg peralatan2 yg menyelenggarakan sistem2 kebutuhan utama,
seperti :-system pelumas,pendinginan,bahan bakar, udara penjalan,kebutuhan
domestic,olah gerak,system tenaga listrik ,peralatan di atas dek ,
keselamatan., siklus pengisian uap air pada ketel, system pencegahan pencemaran
Sebutkan jenis2 permesinan
Bantu yg ada di atas kapal ?
pompa-pompa meliputi :
a.
pompa displacement :
b.
pompa reciprocating
c.
pompa rotary
- pompa centrifugal ( kinetic )
2.
Kompresor
3.
Ejector
4.
Separator : - purifier
- clarifier
5. Heat
exchanger yang meliputi
- heater,evaporator,cooler ,condenser,
unit distiller
6. Unit
bilge’s separator.
Apakah perbedaan pompa displacement dan pompa centrifugal ?
Perbedaannya
adalah
pada prinsip
kerja masing2 pompa yaitu pada pompa displacement tekanan isap berada pada torak dan katup2nya , sedangkan
pada centrifugal bekerjanya tekanan berasal dari putaran impeller yg berisi
impul2 tekanan cairan yg menghasilkan perbedaan tekanan.
Fungsi utama
purifier adalah memisahkan bahan bakar atau minyak dari cairan lain dan kotoran
padat.
- Tangki : sarana penampungan dan juga
pengukur Volume fluida dan gas.
- Saringan: penyaring fluida
dan gas dari kotoran2 yg menyertainya di system alirannya.
- Keran (valve):penahan
dan pembuka aliran fluida dan gas pada tangki2 penampngannya.
- peralatan yg
berfungsi sebagai pemindah pluida dari tangki satu ke tangki lain.
-
kompresor adalah peralatan pengisi udara pada tabung 2 penyimpan .
- pemanas (heaters) : peralatan yg
mampu menghasilkan panas melalui proses
memanaskan
air laut melalui ketel2 dan sebagai tenag utamu u/ mesin uap
- penguap
( evaporator) : peralatan yg mampu merubah panas mejadi uap,dalam hal ini
merubah bentuk air laut menjadi uap,dan di pakai
untuk system pembuatan air tawar .
- pendingin ( cooler ) :
peralatan yg mengambil panas air untuk di dinginkan melalui media
Perantara pipa 2
dan air dingin.Dan sering di gnakan untk pendingin system pelumasan .
- pengembun ( condenser ): peralatan yg dapat mengubah uap panas untuk
di
embunkan (condensasikan) melalui
media refrigant sehingga menjadi dingin dan di
pergunakan
ntuk peralatan pendingin ruangan dan
penyimpanan perbekala
Fwg/fres water distiler:
pembangkit tenaga listrik yg di hasilkan dari proses penguapan air sebagai
Tenaga
penggeraknya atau jg disebut mesin uap.
Freshwater distiller: unit peralatan
pembuatan air tawar dari proses penguapan air asin.
Proses perubahan:
Tekanan tinggi :Air yg
dipanaskan/diuapkan di evaporator dgn
tekanan dan suhu tunggi.media pemanasnya:
-Uap
(steam) turbin
-Tekanan
> 1 atm
-Suhu
> 100°C.
Tekana Rendah :Air laut yg diuapkan di
evaporator dgn tekanan dan suhu rendah,media pemanas pd evaporator Jacket
coling M/E dgn suhu 80°C
Oily Water
Separator :
unit peralatan pemisah antara minyak dan air , dgn cara
kerja melalui perbedaan tekanan dan Berat jenis minyak dan air.
Mesin diesel :mesin pembangkit tenaga
dengan menggunakan pompa tekanan tinggi dan bahan bakar minyak .
Ketel Uap: bejana
untuk mendidihkan air laut dan di ubah menjadi uap sebagai tenaga yg
menggerakkan mesin penggerak propeller.
Turbin uap : mesin
penggerak utama yg di gerakkan tenaga
uap dan di alirkan ke ruang turbin Menggerakkan
propeller.
Sewage plant: rangkaian penataan
peralatan pipa2 air got ( effluent ) yg di olah agar limbah air Got dapat di buang dgn perencanaan tertentu.
Incenerator :sesuai fungsinya sebagai salah satu
sarana pencegah polusi di laut dgn pengolahan
Limbah hasil proses pemisahan air
got melalui OWS atau Sewage Plant dgn
cara membakar limbah tsb dalam
tungku pembakaran .
peralatan Bantu dari system pendingin :
- Filterdrier: filter pengering yg berfungsi menyerap air dan menyaring
minyak yg sirkulasi
dalam
aliran system pendingin.
- Sightglass: gelas duga untuk melihat aliran refrigerant di dalam
tabung condenser.
- Oil separator: system pengontrol minyak pelumas agar tidak tercampur
dalam aliran
refrigerant.
- Solenoid valve: system pengontrol
yg menerima impuls perintah dari thermostat .
- Thermostat: pengontrol pengatur saat pengaliran refrigerant.
- Pressure switch: pemutus dan pembuka arus listik sesuai pengaturan yg di
inginkan.
- Cut-off switch: pemutus aliran listrik pada kompresor
Heat exchangers
a.Jelaskan
perbedaan dan kesamaan antara heater dan
evaporator
Perbedaan :
Heater menaikkan suhu media yang diproses tanpa merubah
bentuk media tersebut, sedangkan evaporator merubah bentuk cairan media yang
diproses menjadi bentuk gas atau
uap tanpa merubah suhu media tersebut.
Kesamaan :
Kedua-duanya
adalah heat exchanger, sama-sama memberikan panas terhadap media yang diproses.
b.Sebutkan
fungsi dari baffle pada cooler / condensor jenis ”shell and tubes”
-menguatkan susunan pipa-pipa
-mengarahkan aliran media yang
didinginkan agar penyerahan panas merata / sempurna
-menambah luasmenambah luas permukaan
sehingga penyerahan panas lebih banyak
Jelaskan fungsi heater dipasang pada instalasi
Fungsi
heater pada instalasi purifier adalah sebagai pengatur suhu yang
berpengaruh pada berat jenis
bahan bakar / minyak lumas yang di
bersihkan agar didapatkan interface / garis pemisahan yang tepat antara air dan
bahan bakar / minyak lumas yang di bersihkan.
3.Dari sebuah
pompa diferensial diketahui mempunyai diameter plunyer 120 mm, langkah plunyer
280 mm dan diameter batang plunyer 90 mm. Bila pompa dijalankan dengan
elektromotor berputaran 90 rpm, hitunglah :
a.Penghasilan
pompa saat langkah ke arah batang plunyer dan penghasilan totalnya dalam m3/jam
-Apabila
dikehendaki perbandingan penghasilan effektif antara langkah kedepan dengan
langkah kebelakang 2 :
berapakah seharusnya ukuran diameter batang plunyernya.
Diketahui :
-Pompa
diferensial
-D = 120 mm
-L = 280 mm
-d = 90 mm
-n = 90 rpm
Ditanya :
a.Qeff kebelakang dan Qeff total
b.Berapa d bila Qeff
kedepan : Qeff kebelakang = 2 : 3
a. - Q
eff ke belakang = π / 4 (D2
– d2 ) . L . n ηv
-
Qeff total = π / 4 D2 . L. n. ηv
b. Qeff kedepan : Qeff
kebelakang = 2 : 3
π / 4 D2 .
L. n. ηv - π /
(D2 – d2 ) . L . n ηv
: π / 4
(D2 – d2 ) . L . n ηv = 2 : 3
d2 : D2
– d2 = 2 : 3
2 (D2
– d2 ) = 3 d2
2D2 =
3d2 – 2d2
2D2 =
d2
d2 =
2D2
d2 =
2. (2,8
a. - Q eff ke belakang = π / 4 (D2 – d2 )
. L . n ηv
- Qeff
total = π / 4 D2 . L. n. ηv
b. Qeff kedepan : Qeff
kebelakang = 2 : 3
π / 4 D2 .
L. n. ηv - π
4 (D2 – d2 ) . L .
n ηv : π /
4 (D2 – d2 ) . L .
n ηv = 2 : 3
d2 : D2
– d2 = 2 : 3
2 (D2
– d2 ) = 3 d2
2D2 =
3d2 – 2d2
2D2 =
d2
d2 =
2D2
d2 =
2. (2,8
a.Perbedaan pompa
displacement dengan pompa kinetik adalah bahwa pompa
displacement merupakan pompa yang dapat menghisap sendiri sedangkan pompa
kinetik merupakan pompa-pompa yang tak dapat mengisap sendiri.
b.Gambar skematik
dari pompa plunyer diferensial :
D = Diameter
plunyer
L = Langkah
plunyer
d = Diameter
batang plunyer
kelebihan cooler jenis pelat dibandingkan dengan jenis
shell and tubes
-Tidak memakan tempat
-Mudah perawatannya
-Pada ukuran yang sama, kapasitas pendidingin lebih besar
-Dapat diatur kapasitas pendinginannya.
a.Skematis
pembersihan secara chemikal
Pembersihan
menggunakan system sirkulasi bahan kimia pembersih, dilakukan di dua bagian,
yaitu sirkulasi pembersihan di bagian luar pipa yaitu bagian
ruang minyak lumas dan bagian dalam pipa-pipa yaitu bagian air laut.
Setiap
pembersihan dilakukan dengan menggunakan pompa sirkulasi dan bak bahan kimia.
Dengan menyirkulasikan bahan kimia seperti pada gambar, maka kotoran-kotoran
akan larut dan di jatuhkan ke bak
sistim permesinan yg menunjang
kerjanya mesin penggerak utama :
a. Mesin penggerak utama mesin uap.
-System
peredaran air p’gisisn & uap.
-System bahan
bakar ketel induk.
b. Mesin penggerak utama mesin diesel
-System
pelumasan,pendinginan,
bahan
bakar,udara pejalan.
Cara membersihkan
BB & minyak lumas di K.Mesin :
-Prinsip
penyaringan : dgn menggunakan filter yg
macam dan jenisnya tergantung dr voluma
partikel yg akan disdaring.
-Prinsip
Pengendapan : memanfaatkan adanya gaya gravitasi dan beda berat jenis. Mis :
tangki
endap.
-Prinsip
sentrifuse : memanfaatkan gaya sentrifuse dan beda berat jenis adlh purifier
& clarifier
Sifat pemindah
panas scr optimal pd kheat exhanger :
- Dibuat dr bahan penghantar panas yg harus dimiliki
koefisien hantar tinggi maka pipa2 berfungsi sbgi penghantar panas dr media yg
diproses ke media yg memproses.
- Makin tipis ketebalan dinding penghantar akan makin
baik panasnya,harus dijaga kotoran / kerak yg menempel didinding pipa.
-diupayakan pemindahan panas scr turbolensi,se3hingga
terjadi pemerataan pemindahan panas.
5. Kelebihan heat
exhanger dgn jenis lain :
a.P’dahan panas lebih merata karena:
- heat exhanger jenis ini dibuat tipis ,mempermudah
pemindahan panas.
- Dibuat
bergelombang dpt menciptakan aliran turbolensi utk pemerataan penyerahan pana.
b.Praktis tdk memakan tempat.
c. Kapasitas dpt diatur dgn menambah/mengurangi jml
pelat.
d. mudah merawat pd saat pembersihan.
e. Kuat,krn
dibuat dr bahan titanium
Fungsi dari :
a. Baffle :
- Mengarahkan media
yg diproses sehingga mengalami npemerataan pemindahan panas.
- Memperkuat
susunan pipa-pipa.
- menambah luas
permukaan lbh merata.
b.Tube plate :
- tmp
terpasangnya pipa-pipa.
- Utk heat
exhanger ukuran sedang & besar tube palte bagian belakang berdiameter luar
lebih kecil dr diameter dlm shell,dgn packing khusus shgg terjadinya pemuaian tetap kedap air dr
kebocoran.
Yg disebut penyulingan /distilation
Proses penguapan
cairan menjadi uap dilanjutkan dgn penmgembunan yg menghasilkan kondensat komponen
utamanya evaporator & kondensor,peralatan yg digunakan prinsip Fresh water distiler / FWG (
pembuatan ait dr air laut ).
Keuntungan FWD/FWG tek rendah dibanding tek tinggi :
- Kapasitas
penghasilan lebih besar.
- Tdk berbahaya.
-Mudah perawatan
krn suhu rendah, kotoran lunak mudah dibersihkan.
-Tdk
membutuhkan ketel uap,media penguap bersuhu rendah dpt mengunakan air tawar
pendinginMI.
- menambah
rendemen instalasi.
Prinsip kerja ejector :
- Pd
penembahan kecepatan aliran akan terjadi
penurunan tekanan.
- Daerah dimana
terjadi penurunan tekanan akan menghisap udara/cairan yg dihubungkan dgnnya.
- utk ejector dgn
bentuk penyempitan yg dilanjutkan dgn pengembangan pipa/saluran,maka pd
permulaan pipa pancar dimana terjadi penembahan percepatan aliran air laut yg
dipompakan kepadanya.
- fungsi ejector
pd unit distiler menurunkan tekanan system sehingga terjadi kevakuman yg
mempengaruhi suhu penguapan .
Cara kerja pompa digolongkan :
a.Pompa
desak/displacement pompa yg dpt menghisap sendiri .jenis pompa ini dibedakan :
-kerja
bolak-balik dpt berupa pompa plunyer/torak.
- Rotari dpt
berupa pompa roda gigi,ulir.
- Gabungan
bolak-balik dan rotary dpt berupa pompa hydrolic.
b. pompa
centrifugal :pompa byg dpt menghisap dan dapat berupa p[ompa centrifugal tegak
maupun tidur.
11.Mejalankan/menghentikan kompresor secara manual :
-chek power.(siap
menerima beban).
- keran masuk /
keluar telah terbuka menghindari kompresor meledak.
- system
pendingin aftercooler dan intercooler telah jalan.
- Minyak lumas
silinder jalan bagus,minyak carter
cukup.
- Buka semua
cerat udara tek rendah dan tinggi agr pembuangan sisa-sisa kondensat udara/uap
air
membantu membuat
kondisi beban nol pd saat star.
- atur pembukaan
kran isap sehingga tdk terjadi penghisapan yg mendadak besar.
-Star kompr dan
perlahan keran isap buka penuh.
- jika tdk ada
cairan yg keluar dr cerat,tutup cerat berarti telah ,menjalankan scr benar.
- sesekali buka
cerat agar udara tetap bebas dr kotoran cair.
Cara menghetikan kompresor :
- Buka katup cerat.
- Matikan tenaga.
- Tutup keran
isap dan buang.
- Tutup keran
udara masuk botol angin.
13.Maksud katup cerat dibuka saat star kompr
a. Buang sisa
kondensat selama kompr berhenti disebabkan terjadinya pendinginan thdp sisa
udara panas yg terkurung dlm saluran/pipa after
dan intercooler.
Kondensat ini perlu dibuang :
-akan menimbulkan
korosi pd dinding botol angin.
-problem
pelumasan yg m’yebabkan terjadinya emulsi minyak.
-Menyebabkan
ketokan air pd klep kompresor.
b. Mengoksidasikan
beban nol pd awal star ,tdk menimbulkan beban torsi yg tinggi scr mendadak pd
electromotornya.
Jenis2 pesawat
bantu di k.mesin:
-Motorbantu,kompresor,pompa,
purifier/sparator,boiler/keteluapbantu,ows
,heater,coller,botolangin,evaporator,mesin
pendingin,sewage
plant,filter,ejector.
Yg disebut dgn :
Compresor adlh :
-Suatu pesawat yg digunakan utk mendapatkan udara kerja
yg ditampung dlm botol angin dgn cara di kompresikanyg mempunyai tekanan lebih
dari 1 atm yg kemudian udara tsb digunakan sebagai udara star pertama kali utk
mesin induk dan mesin bantu.
Pompa adlh :
-Pesawat yg digunakan memindahkan zat cair,udara/gas dari
suatu tmp ke tmp lain dgn perbedaan tekanan.
Purifier adlh :
-Pesawat yg digunakan utk membersihkan bahan bakar dr
kotoran yg berupa air maupun kotoran padat dgn memberikan gaya centrifugal.
Boiler adlh :
-Pesawat yg
digunakan utk membentuk uap dgn cara membakar bahan bakar yg ada dlm ketel yg
mana uap tsb digunakan utk mengerakan pesawat bantu.
OWS adlh :
-Pesawat yg digunakan utk membersihkan air buangan kelaut
dr kotoran minyak agar tdk terjadi pencemaran.
Heater adlh :
-Pesawat yg digunakan utk menaikan suhu/temperatur tanpa
merubah dr zat yg dipanaskan.
Coller adlh :
-Pesawat yg dapat merubah zat yg didinginkan.
Air reservoir (Botol
angin ) adlh :
-Suatu alat yg digunakan menampung udara hasil kompresi
dr alat kompresor yg di gunakan utk udara star.
Ejector adlh :
-Pesawat yg digunakan utk memindahkan cairan dengan cara
vakum/beda tekanan.
Telemotor adlh :
-Suatu pesawat pemindah jarak jauh yg sama transmeter (
pengirim ) di anjungan receiver (penerima)yg terletak di kamar kemudi.
Ada 2 tekanan pd
mesin pendingin :
-Tekanan tinggi=compresor expansion.
-Tekanan rendah= expansion. Compresor.
Defrosting adlh :
-Menghilangkan bunga-bungan es pada pipa eveporator di
ruang pendingin.
Kondensor adlh :
-Pesawat utk mengubah bantuk gas atau uap menjadi cair.
Purifier adlh :
-Utk memisahkan kotoran-kotoran dari LO maupun
FO/memisahkan air dari minyak.
Clarifier adlh :
-Pesawat yg berfungsi utk memisahkan minyak dari kotoran
yg lembut yg tdk dapat dipisahkan oleh purifier.
Air Compresor :
-Alat yg digunakan utk menghasilkan udara bertekanan yg
selanjutnya disimpan dibotol angin digunakan sbgi udara pejalan /udara kerja di
kmr mesin.
Flash Evaporator
:
-jenis eveprator yg tanpa pipa penguap melaikan ruang
kosong yg divakumkan,air laut yg akan diuapkan sebelum msk ke eveporator sdh
dipanaskan 80ºC sehingga air laut yg msk langsung tersembur seketika menjadi
uap.
Presedur
menjalankan Purifier :
-Cek semua kran baik pengisian maupun keluardr
purifier,pastikan dlm keadaan tertutup.
-Pastikan pipa tdk ada yg bocor.
-Star motor purifier.
-Setelah motor jalan buka kran pengisisan air tawar
secukupnya kemudian tutup kembali.
-Setelah putaran purifier normal buka kran pengisian
LO/FO beserta kran keluar menuju ke service tank.
Prinsip kerja
kompresor :
-Pd langkah kompresi saat tekanan katup tekan terbuka dan
udara keluar dgn tekanan kontan.
-Pd akhir langkah kompresi tekanan dibuang rugi dr
kompresor sampai dgn tekanan menutup dan mengurangi sisa udara yg telah
terpakai di dlm ruang rugi(antara piston dgn cylindeh head ).
-Pd langkah isap udara rugi akan mengembang sebagai
tekanan jatuh sampai sedikit dibwh tekanan isap dan menyebabkan terbukanya
katup isap pemasukan udara trjd pd tekanan langkah kemudian di teruskan ke
proses selanjutnya.
Refregrator adlh
:
-Utk menyimpan bahan makanan agar tdk rusak.
-Mendinginkan bahan makanan.
Fungsi Compresor
pd mesin pendingin :
–Utk menghisap gas pendingin dr eveporator yg kemudian
akan dikompresikan di dlm cylinder utk menaikan tekanan dan suhunya kedlm
condensor.
3. Fungsi
condensor pd refrigerator :
-utk merubah gas pendingin menjadi cair dengan cara
pendinginan dengan menggunakan air laut.
4.Fungsi katup
expansion :
-Mengatur tekanan dan aliran refrigen cair bertekanan
tinggi menjadi tekanan rendah.
Presedur
menjalankan Purifier :
-Cek semua kran baik pengisian maupun keluardr
purifier,pastikan dlm keadaan tertutup.
-Pastikan pipa tdk ada yg bocor.
-Star motor purifier.
-Setelah motor jalan buka kran pengisisan air tawar
secukupnya kemudian tutup kembali.
-Setelah putaran purifier normal buka kran pengisian
LO/FO beserta kran keluar menuju ke service tank
Pokok instalasi
Mesin pendingin yaitu 4 komponen :
a.Kompresor :Untuk
menghisap gas pendingin dr eveporator yg akan dikompresikan didlm cylinder
compresorutk dinaikan tekanan dan suhunyaagar didlm condensor mudah dirubah
menjadi pendingin cair.
b.Condensor ;Utk
merubah gas pendingin menjadi cair dengan menggunakan air laut.
c.Katup expansi : utk
mengatur jumlah dan mengexpansikan zat pendingin masuk kedlm evaporator sesuai
yg dibutuhkan.
d.Evaporator :Utk
menguapkan kembali air pendingin cair manjadi gas pendingin cair manjadi gas
pendingin dengan cara mengambil panas yg terdapat disekitar evaporator /panas
yg terdapat dlm ruangan sehingga ruangan menjadi dingin.
Fungsi alat dibwh
ini :
a. Drain valve : Valve yg
digunakan utk mencerat cairan dr udara.
b. Safety valve : Valve yg
digunakan utk keamanan dr suatu pesawat apabila terjadi tekanan yg melebihi dr
tekanan kerja.
c.Relief valve : Valve yg
digunakan untuk mengatur tekanan cairan,udara dan uap.
d.Three Ways
Valve : Valve yg digunakan utk mengatur jalannya zat cair /gas
ke satu arah kiri/arah kanan maupun ke dua arah secara bersamaan dgn system manual.
e.Non Return
Valve : Valve yg digunakan mengatur cairan,udara dan uap keluar
tapi tidak dapat utk memasukan.
Mesin yg terdpt
di deck :
- Mesin jangkar,mesinpenggulung,mesin Derek,Blowwer,Generatordarurat,Pompa
darurat,Mesin kemudi.
Penggerak Mesin2
deck :
-Tenaga penggerak listrik/electrik.
-Tenaga penggerak uap.
-Tenaga penggerak electrik hydrolik.
-tenaga penggerak motor dirsel.
Mesin kemudi adlh
:
-Suatu pesawat yg digunakan utk memindahkan gerakan roda
kemudi dgn jarak jauh.
0 comments:
Posting Komentar