Minggu, 29 November 2020

Voyage Data RECORDED di kapal adalah

VOYAGE DATA RECORDER (VDR) 
VDR adalah salah satu alat yang wajib dimiliki oleh setiap kapal laut sesuai dengan peraturan internasional yang tercantum pada International Convension SOLAS Requirment (IMO Rest A 861 (20). Kalau di pesawat ada Black Box maka di kapal ada VDR. 
VDR dipasang di anjungan kapal. Perangkat ini terkoneksi dengan beberapa peralatan navigasi di kapal seperti Radar, GPS, Gyro Compass, Echosounder, Speedlog dll. Selain itu juga dilengkapi dengan microphone yang terpasang di langit-langit anjungan sehingga komunikasi secara verbal di anjungan bisa terekam. 

Walau fungsi utama sebagai alat perekam perjalanan kapal, ternyata VDR bisa juga digunakan untuk pencegahan kecelakaan kapal, analisa ke-ekstriman cuaca hingga training keselamatan kapal dalam keadaan darurat. 
Untuk bisa membaca data yang direkam oleh VDR harus menggunakan software khusus dari Maker. Annual inspection diperlukan untuk memastikan VDR berfungsi dengan baik. Terkadang pada saat annual inspection, teknisi mengambil data VDR dan dibaca dengan software tersebut untuk memastikan data terekam dengan baik. 

0 comments:

Posting Komentar