Kamis, 12 November 2020

Magnetik kompas /KOMPAS MAGNET DI KAPAL

 KOMPAS MAGNET DIKAPAL

 Kompas magnetik memainkan peran yang sangat vital dalam navigasi maritim. Sesuai SOLAS Bab 5, Peraturan 19 "semua kapal terlepas dari ukurannya harus memiliki kompas magnet standar yang disesuaikan dengan benar atau cara lain, terlepas dari catu daya apa pun untuk menentukan arah kapal dan menampilkan bacaan di posisi kemudi utama". Karena paparan kompas magnetik terhadap cuaca dan kondisi yang keras, maka kompas harus dilindungi. Instrumen navigasi yang membantu memenuhi tujuan ini adalah binnacle. Bersamaan dengan bantuan ini, binnacles juga melindungi kompas agar tidak terguling karena kapal terus berputar dan miring.
Apa binnacle itu?
Binnacle adalah wadah silinder yang terbuat dari bahan non-ferrous yang menampung berbagai komponen kompas magnet dan secara keseluruhan. Sebelumnya, kayu digunakan untuk pembangunan binnacle. Mangkuk kompas ditempatkan di bagian atas binnacle sedangkan bagian tengah dapat diakses melalui pintu yang menampung magnet korektor yang memanjang ke proyektor ke arah depan.
Korektor kompas magnetik dalam binnacle


01. Flinders Bar
02. Bidang Kuadranal
03. Magnet Tumit
04. Magnet Athwartship
05. Magnet Depan dan Belakang



Di bagian tengah dari setengah bagian bawah binnacle terdapat banyak lubang yang didalamnya terdapat magnet korektor untuk meniadakan efek magnetisme yang mengganggu yang disebabkan oleh lambung kapal. Spesifikasi magnet korektor ditentukan oleh 'pengatur kompas' resmi yang layanannya biasanya dipanggil di pelabuhan. Pintu akses ke magnet korektor ini harus selalu terkunci setiap saat kecuali jika perlu dibuka untuk penyetelan.
Flinders Bar adalah korektor besi lunak yang ditempatkan secara vertikal di bagian depan atau belakang binnacle tergantung pada perluasan area superstruktur di belakang atau di depan binnacle. Panjang bilah dapat berubah selama penyesuaian kompas.
Korektor Kuadran adalah dua bola besi lunak yang dipasang dalam tanda kurung di kedua sisi binnacle. Sekali lagi, jarak antara korektor kuadran dapat diubah selama penyesuaian kompas.
Helm dipasang di atas binnacle dan tidak mengandung besi. Ini ada untuk melindungi mangkuk kompas dari cuaca dan kondisi yang keras.

 Perawatan dan pemeliharaan


Pintu akses harus selalu terkunci
Jika terbuat dari kayu, binnacle harus dipernis dan tidak dicat
Korektor kuadran harus dicat dari waktu ke waktu untuk mencegah karat mengendap
Bagian kuningan harus dipoles secara teratur
Semua bahan dengan sifat magnetis harus dijauhkan dari kompas
Helm harus selalu posisinya setiap saat
Semua penyesuaian harus dilakukan oleh pengatur kompas resmi
Singkirkan semua gelembung yang mungkin ada di mangkuk kompas di dalam binnacle
Penghapusan gelembung
Langkah-langkah berikut harus diambil untuk menghilangkan gelembung:
Miringkan mangkuk hingga lubang pengisi muncul dan terlihat
Buka sekrupnya
Tambahkan etil alkohol. Jika etil alkohol tidak tersedia, gunakan air suling
Kencangkan sekrupnya kembali
Kembalikan mangkuk ke posisinya
Kompas magnet ditempatkan di pulau monyet dan arah kompas perlu dilihat dari jembatan. Proyektor kompas tersedia untuk mengaktifkan hal yang sama melalui refleksi berikutnya. Itu ada di tempat untuk memungkinkan juru mudi di ruang kemudi untuk melihat pembacaan kartu kompas yang kebetulan dan garis kurang ajar untuk mengarahkan kapal dengan benar ...

SELAMAT MEMBACA


0 comments:

Posting Komentar